Senin, 09 Mei 2011

¨¤¤¥ Harajuku Style ¥¤¤¨

HARAJUKU STYLE

fashion tidak terlepas dari peradaban jepang yang sangat mendominasi fashion anak muda dunia yang sangat mengedepankan kebebasan berekspresi yang dituangkan dalam pakaian yang terkesan bebas,urakan,fullcolor,dan sangat fashionable.

harajuku adalah nama kota kecil dijepang dimana para anak muda sangat bebas dalam berpakaian tetapi tetap memperhatikan adat ketimuran.harajuku sangat identik dengan rambut yang tidak asimetris,pakaian yang mengutamakan mix and match baju yang berwarna kontrass dan berkesan tabrakan tetapi sangat mencolok dilihat mata.



fashion harajuku berkibla dari fashion para tokoh katrun (anime) yang sering disebut dengan cosplay.dengan make up wajah yang sangat mencolok baik laki laki dan perempuan sehingga dapat membaur menjadi satu tanpa memperlihatkan perbedaan.


harajuku style sangat digemari oleh banyak artis dunia seperti gwen stefani,maia ahmad,mulan jameela,agnes monica. pingkan mambo,dllsehingga bnyak para fashion designer yang mulai melirik harajuku sebagai tema pagelaran busana mereka seperti : oscar lawalata,adjie notonegoro,ivan gunawan yang memamerkan hasil rancangan mereka yang bertemakan harajuku.


Harajuku Style di Indonesia

Di kawasan ini dikenal sebagai tempat nongkrongnya anak muda –di Jakarta disebut anak gaul- yang tentu sekaligus tenpat ajang pamer mode pakaian terbaru. Itu awalnya. Namun dalam perkembangannya, di Harajuku muncul gaya berpakaian yang boleh dibilang posmo. Gak nyambung alias gak “matching” (lagi-lagi kata anak muda Jakarta), misalnya antara baju dan celana, rok dan gaun, sepatu dan model rambut dan seterusnya. Juga warnanya, dan tentu bisa dikembangkan ke warna sepatu, warna rambut dan seterusnya.

Nah, gaya inilah yang kemudian berkembang sendiri menjadi “merek” dan bahkan kemudian menjadi semacam trend setter. Harajuku. Gaya posmo yang seringkali “tabrakan” dianggap menjadi seni tersendiri dan bahkan akhirnya menduni. Tak terkecuali di Jakarta. Pernah dengar grup penyanyi “Ratu” yang saat ini lagi pecah berantakan dan sempat ngetop lewat lagunya TTM alias Teman Tapi Mesra dan Lelaki Buaya Darat? Di Jakarta, Ratu dikenal sering mengenakan kostum Harajuku. Personal Ratu, Maia Ahmad dan Mulan Kwon memang sering tampil “aneh”, misalnya mengenakan rok mini dipadukan dengan celana ketat sedengkul, stocking bolong-bolong dan ditambah rambut yang dicat warna-warni.

Tentu bukan hanya Ratu, di Jakarta banyak juga anak muda yang tak segan dan tak malu ber-harajuku. Oh ya, Harajuku bisa juga disebut Japanese Style dan juga bisa diidentikkan dengan gaya gothic. Style dengan corak serba hitam bagai hantu (boleh juga disebut bak nenek sihir) ini memang dipadugayakan dengan Harajuku dan masih ditambahkan dengan aksesoris dan gaya rambut asimetris yang mencerminkan dandanan fashion anak muda Jepang.

Nah, gaya ini memang sedang tren di Jakarta saat ini. Para Harajuku-ers ini bisa dilihat di pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta. “Menurut gue, Harajuku itu aneh, heboh, warna-warni berbau-bau gothic yang serba hitam. Pokoknya bebas banget deh,” tutur Icha (21) mahasiswi desain Universitas Trisakti, di Jakarta. Harajuku sendiri tidak hanya dilalukan perempuan tetapi berlaku juga untuk laki-laki. Namun memang mayoritas Harajuku dilakukan anak muda perempuan. Sampai ada yang berpandangan (di Jepang), Harajuku dilakukan mereka (perempuan muda belia) yang tidak diterima oleh keluarganya, walau pun ini belum tentu benar. Yang jelas Harajuku memang lekat dengan Jepang, seperti pengakuan Rio, mahasiswa Universitas Al Azhar, Jakarta. “Harajuku Jepang banget, keren memang gayanya, tapi anak muda di sini kayaknya masih dibatasi sama peraturan dalam cara berpakaian,” katanya.

Artis top papan atas Indonesia, Agnes Monica juga dikenal suka ber-Harajuku. “Aku seneng banget sama style Jepang apalagi street fashionnya, tapi nggak harus ke Jepang juga sih. Paling titip sama temen kalau lagi pas ke sana atau aku pakai desainer sendiri,” kata Agnes.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar